Minggu, 28 Maret 2010

Artikel Manajemen Strategik 2

MANAJEMEN STRATEGIK

TUGAS ARTIKEL 2

DOSEN : MOHAMMAD ABDUL MUKHYI

NOVIA WULANDARI

27209043

4 EB 14

1.1. Model Proses Manajemen Strategi





Keterangan :
Proses manajemen strategi dimulai dengan analisis dan diagnosis untuk merumuskan /merencanakan strategi dan menentukan tujuan perusahaan. Analisis dan diagnosis SWOT ini terdiri dari lingkungan internal , yaitu kekuatan, kelemahan perusahaan.
Untuk merumuskan strategi seorang manager harus mengetahui kemampuan ,kerterbatasan dalam memilih strategi perusahaan. Suatu organisasi /perusahaan mempunyai kekuatan da kelemahan internal,hal ini perlu diantisipasi oleh seorang manager.
Proses /tahap ke-dua ,adalah menentukan beberapa alternatif strategi guna memilih strategi yang handal,yang disasuaikan dengan peluang ancaman dan kekuatan & kelemahan perusahaan.
Proses /tahap ke-tiga, adalah bagaimana mengimplementasikan strategi yang telah dipilih ,agar strategi tersebut berjalan dengan baik, perlu membangun struktur untuk mendukung strategi itu dan mengembangkan rencana serta kebijakan yang tepat.
Proses /tahap ke-empat adalah melakukan umpan balik (feed back), apakah strategis sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan ,sebarapa jauh pelaksanaan strategi itu mencapai tujuan. Jadi, evaluasi dilakukan untuk memastikan apakah strategi itu berjalan dengan baik ataukah banyak terjadi kesenjangan/penyimpangan.



1.2. Model Manajemen Strategi dengan SBU Majemuk dan SBU Tunggal
SBU = Strategi Bussines Unit atau bisnis strategis adalah divisi operasi perusahaan yang melayani produk yang berbeda dengan pasar tertentu atau sekelompok konsumen khusus ataupun daerah tertentu. SBU diberi hak untuk menentukan keputusan mereka sendiri sapanjang tidak bertentangan dengan tujuan perusahaan.
a. Model Strategi dengan SBU Tunggal





Keterangan :
pada model ini biasanya dipakai oleh perusahaan kecil atau bisnis yang memfokuskan pada satu jenis produk atau satu jenis pelayanan.strategi tingkat perusahaan melayani keseluruhan perusahaan, yang dipimpin oleh manajemen puncak. Selanjutnya manajemen puncak menentukan kebijakn fungsional bagi setiap unit/ bagian yang ada dalam perusahaan itu yang dimpimpin oleh seorang manager.
Misalnya: pada gambar diatas ada manager pemasaran, manager produksi, manager keuangan ,dsb.



b. Model Strategi dengan SBU Majemuk





Keterangan :
Pada model strategi dengan SBU majemuk, adanya tingakat strategi perusahaan, unit bisnis strategis, dan bagian-bagian atau unit-unit bagian yang dibawahi oleh masing-masing SBU. Pada gambar diatas ada tiga unit SBU membawahi unit-unit/bagian-bagian yang dipimpin oleh seorang manajer atau manajemen madya dan pengawasan.
Setiap SBU menetapkan strateginya sendiri-sendiri akan tetapi berpedoman pada strategi induk pada perusahaan dengan SBU majemuk ini, strateginya memusatkan diri pada postfolio SBU yang dikahendaki oleh perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.

daftar pustaka:

H. Djaslim Saladin, SE,Manajeman strategi & kebijakan perusahaan,penerbit linda karya bandung

1 komentar:

  1. mau tanya mbak, Pada Strategic Management Model, maksud arah tanda panah dan tulisan what's possible itu apa ya?

    BalasHapus