Minggu, 28 Maret 2010

Artikel Manajemen Strategik

MANAJEMEN STRATEGIK

TUGAS ARTIKEL 1

DOSEN : MOHAMMAD ABDUL MUKHYI

NAMA : NOVIA WULANDARI

NPM : 27209043

KELAS : 4 EB 14



GREGORY G.DESS-ALEX MILLER, Membagi strategi dalam dua gaya /bentuk yaitu startegi yang dikahendaki dan strategi yang direalisasikan.
1. Strategi yang dikahendaski (intended strategic): terdiri dari 3 (tiga) elemen . yaitu sasaran – sasaran (goals) ,kebijakan (policies), dan rencana- rencana

1. Sasaran –sasaran (goals) :apa yang ingin dicapai organisasi /perusahaan sasaran itu mempunyai arti yang luas dan sempit.
Contoh: setiap orang secara pribadi ingin mencapai kebahagian dalam hidup ini. Ini sasaran merupakan sasaran yang luas. Untuk mencapai kebahagian ini diperlukan waktu,energik, dan sumber daya lainnya. Inilah yang dimaksud sasaran dalam arti sempit.

Dan hirarki atau tingkatan dari sasarn tersebut menjadi:
a. Visi (vision): apa yang akan dilakukan organisasi /perusahaan visi merupakan kerangka acuan dan perspektif sebagai satu kasatuan yang tercermin dalam kegiatan nyata.
b. Misi(mission) : banyaknya batasan sasaranyang akan dicapai . Misi merupakan tugas dan prinsip pokok dalam mewujudkan visi.
c. Tujuan – tujuan (objectives) : tujuan yang spesifik ingi dicapai.

2 Kebijakan (Policies) : merupakan garis pendoman untuk bertindak ,bagaimana sebuah organisasi mencapai sasarn-sasaran tersebut.

3. Rencana – rencana (Plans) : suatu pernyataan dari tindakan dari seorang manager organisasi apa yang diharapkan akan terjadi. Secara ideal berarti kita harus mencari suatu kepastian akhir.



CONTOH :
Untuk memperluas pasar kita harus merekrut pelanggan atau produk industri kita dalam masa yang akan dating . dan perlu adanya rencana yang matang.
Secara visual strategi yang di kahendaki tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:




GAMBAR 1.1

2. Strategi yang direalisasikan (realized strategic) : menunjukan apa yang dicapai atau apa yang telah diwujudkan .
Strategi yang original itu sering mengalami perubahan dalam keseluruhan implementasinya, sesuai dengan peluang dan ancaman yang dihadapi. Strategi yang sebenarnya/terwujudkan selalu lebih banyak atau lebih sedikit dari pada strategi yang dikahendaki. Secara visual dapat digambarkan kedua bentuk strategi diatas, yaitu sebagai berikut






Untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap lagi, elemen strategi induk itu secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
a. Visi c. Sasaran- sasaran
b. Misi d. Strategi
c. Tujuan e. Kebijakan



daftar pustaka:

H. Djaslim Saladin, SE,Manajeman strategi & kebijakan perusahaan,penerbit linda karya bandung

1 komentar: