Senin, 29 Maret 2010

PERENCANAAN STRATEGI

MANAJEMEN STRATEGIK
TUGAS ARTIKEL 3
DOSEN : MOHAMMAD ABDUL MUKHYI
NOVIA WULANDARI
27209043
4 EB 14

PERENCANAAN STRATEGI

1.1. Pengertian dan Dasar Perencanaan Strategi

Arti perencanaan Strategi

Perencanaan strategi( strategic planning) adalah suatu perencanaan ke depan yang ditetapkan untuk dijadikan pegangan, mulai dari tingkat korporet sampai pada tingkat unit bisnis ,produk dan situasi pasar. Perencanaan strategi merupakan strategi induk dari manajemen strategi yaitu visi , misi, tujuan strategi dan kebijakan.

Tujuan Perencanaan Strategi :

a.Mengukur dan memanfaatkan kesempatan /peluang sehingga mampu mencapai keberhasilan.
b.Membantu meringankan beban manajer dalam tugasnya menyususn dan mengimplementasikan manajemen strategi.
c.Agar lebih terlebih terorganisasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
d.Sebagai landasan untuk memonitor perubahan – perubahan yang terjadi, sehingga dapat dilakukan penyusaian .
e.Sebagai cermin atau evaluasi perencanaan selanjutnya sehingga bisa menjadi bahan penyempurnaan perencanaan strategi yang akan datang.

1.2.Dasar Perencanaan Strategi

Ada 2 (dua) dasar perencanaan strategi perusahaan yaitu:
1.Perencanaan Intuitif Antisipatif : adalah perencanaan yang didasarkan pada pengalaman - pengalaman , naluri , pertimbangan, dan reflektif seorang manajer dengan kata lain perencanaan strategi Intuitif Antisipatif adalah perencanaan pengalaman berdasarkan masa lalu, pertimbangan dan cara berfikir reflektif.
2.Perencanaan Jangka Panjang Formal: adalah perencanaan berdasarkan prosedur ,penelitian , melibatkan banyak orang dan menghasilkan seperangkat rencana tertulis.
Secara visual perencanaan strategi tersebut diatas dapat digambarkan sebagai berikut:




GAMBAR 1.1.

2.2. Proses Perencanaan Strategi
Proses perencanaan Stretegi adalah analisis situasi, dengan maksud untuk menghimpun unsur-unsur yang termasuk kedalam kelompok pengenalan situasi, yaitu:
1.Harapan masyarakat
2.Harapan Perusahaan
3.Data dasar
4.Analisa SWOT

Ad . 1 Harapan Masyarakat :
a. Harapan Pemegang Saham
b. Harpan pelanggan
c. Harapan Pemasok
d. Harapan Kreditur
e. Komunitas.

Ad. 2 Harapan Perusahaan:
a. Harapan manajemen Puncak
b. Harapan manajemen lain
c. Harapan karyawan

Ad. 3 Data dasar
a. Prestasi masa lalu
b. Situasi Saat ini
c. Peramalan

Ad . 4 Analisis SWOT

Secara visual dapat digambarkan sebagai berikut:





Gambar 2.2.

2.3. Ciri Proses Proses Perencanaan Strategi

a.Sarana pengambilan keputusan yang penting bagi suatu perusahaan
b.Periode waktu meliputi jangka pendek sampai jangka panjang.
c. Walaupun proses menghasilkan dokumen tertulis berkala namun proses tersebut merupakan kegiatan manajemen puncak yang berlangsung terus menerus.
d. Meliputi setiap unsur bisnis dan memberikan dasar bagi implementasi.

2.4. Karakteristik Perencanaan Strategik
1.Keputusan sekarang berkaitan dengan situasi masa depan .
2.Memperhatikan rangkaian konsekuensi sebab akibat sepanjang waktu.
3.Memeperhatikan rangkaian tindakan alternatif yang terbuka di masa yang akan datang .
4.Mengidentifikasi secara sistematis tentang peluang dan ancaman di masa yanga akan datang.
5.Merupakan proses penentuan misi, tujuan, strategi dan kebijakan.
6.Proses pemikiran , latihan intelektual dari perosedur , struktur dan teknis.
7. Strukutur yang mangidentifikasikan rencana strategi dan rencana operasional jangka pendek.

2.5. Metode Dasar Perencanaan Strategi Formal

Perencanaan dilakukan pada tingkat atas perusahaan, sedangkan bagian-bagian atau departemen-departemen hanya membuat rencana-rencana yang jangkuanya sangat terbatas.

2.Dari bawah ke atas ( bottom–up)

Manajemen puncak meminta saran pada bagian-bagian atau divisi-divisi atau departemen-departemen ,yaitu berupa rencana-rencana yang perlu diajukan. Namun manajer puncak tetap yang akan memutuskan.

3.Kombinasi antara Top-down dan Bottom –up

Manajer puncak dan kepala divisi atau bagian berdialog secara bersama-sema dalam menyusun rencana , bahkan melibatkan para staf.

4. Perencanaan oleh suatu Team ( Team planning)

Direktur utama dan dibantu oleh para manajernya , atau membentuk suatu team untuk membuat dan mengembangkan rencana formal.

5. Konsultan.

daftar pustaka:

H. Djaslim Saladin, SE,Manajeman strategi & kebijakan perusahaan,penerbit linda karya bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar